Cara Mengetahui SMS Undian Palsu

simakpedia.blogspot.com

Apakah kamu pernah menerima SMS dari nomor yang tidak kamu kenal dan isi pesannya menyatakan bahwa kamu adalah pemenang undian dari operator seluler atau bank tertentu? Jika pernah, kamu jangan senang dahulu, sebab bisa jadi SMS yang kamu terima itu adalah SMS undian palsu yang di kirimkan oleh pelaku yang tak bertanggung jawab. Untuk itu kamu harus lebih berhati-hati dalam menyikapi SMS seperti itu.
Modus penipuan memang sedang marak terjadi di era kemajuan teknologi ini. Tak jarang pelaku menipu menggunakan berbagai peralatan teknologi untuk melancarkan aksinya. Salah satunya melalui pesan singkat atau SMS. Pelaku penipuan mengirimkan pesan singkat atau SMS yang seolah-olah asli berasal dari operator seluler atau bank tertentu dengan menyebutkan nomor handphone kamu sebagai pemenang sebuah hadiah undian.
Maka dari itu, Simakpedia akan memberikan sebuah info tentang ciri-ciri SMS hadiah undian palsu agar kamu tidak menjadi korban penipuan. Ciri-cirinya yaitu :
1. SMS Berisi Hadiah yang Menggoda
Merasa aneh bukan, bila kamu tidak pernah mengikuti acara undian apapun namun tiba-tiba kamu  mendapatkan sms yang berisikan bahwa kamu telah memenangkan undian dengan hadiah yang menggoda. Hal seperti ini memang harus kamu waspadai. Kamu tentu saja tidak boleh terpancing dengan iming-iming hadiah menggoda dari SMS tersebut.

2. Pelaku Penipuan Menggunakan Nomor GSM Biasa



Ketika kamu menerima SMS undian berhadiah, cobalah perhatikan nomor yang digunakan si pengirim. Biasanya pelaku penipuan menggunakan nomor seluler umum seperti nomor Axis, Telkomsel, Indosat, Tri, dan lain-lainnya. Seperti contoh gambar di atas, pelaku penipuan menggunakan nomor seluler kartu AS biasa untuk menipu targetnya. 

Perlu kamu ingat bahwa SMS undian yang asli bukan berbentuk nomor seluler biasa melainkan berbentuk nama, seperti tulisan yang tertera di atasnya dengan nama Telkomsel, BRI, XL-Axiata, 3, dan lain sebagainya. Selain dengan nama, SMS undian asli juga biasanya menggunakan nomor khusus dari provider seluler yang berjumlah 3-4 digit. Kamu bisa melihatnya di nomor pengirim SMS pada bagian atas.

3. Alamat Website Menggunakan domain Gratisan



Dalam SMS penipuan berhadiah biasanya penipu menyertakan alamat link website yang berdomain gratisan. Meskipun ada beberapa penipu yang memakai domain berbayar, namun sebagian besar website penipu menggunakan domain gratisan seperti contoh gambar di atas ini.

Adapun yang termasuk domain gratisan yaitu : .blogspot, .wordpress, .tk, .ml, .ga, .cf, .gq, dan lain sebagainya. Sedangkan domain yang berbayar yaitu : .com, .id, .net, .tv, .org, .us, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, kamu harus tahu situs website resmi dari masing-masing operator jaringan atau bank.

Tentunya masih banyak ciri-ciri lainnya, namun secara umum, seperti inilah ciri-ciri yang sering digunakan oleh pelaku penipuan. Jika kamu menerima SMS yang berciri kan sama seperti yang sudah dijelaskan, maka abaikan saja SMS tersebut dan jangan tergoda dengan hadiah yang ditawarkan.

Semoga tips sederhana ini bisa menambah pengetahuan kita dan bisa membuat orang-orang di sekitar kita lebih waspada agar tidak menjadi korban penipuan. Silahkan boleh di share artikel ini sebanyak banyaknya ya...

Sekian dan Terimakasih.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain http://duanpedia.blogspot.com/. Terima kasih.

More posts

Comments

Post a Comment